Latihan

Disini ku ingin mencoba tuk menuangkan semua unek-unek yang ada dalam diri ini entah itu pait ataupun manis ku akan coba dan coba supaya beban yang ada dalam diri ini berkurang karena adanya blog ini semoga.....

Sunday, August 12, 2007

Tips Mencegah Virus Local

Virus di dunia sekarang ini sudah berkembang pesat. Virus pada dasarnya bukanlah sesuatu/obyek yang muncul dengan sendirinya (seperti virus flu, atau virus penyakit yang lain). Virus pada dasarnya sama seperti program/aplikasi yang kita pakai sehari-hari (MS Word, Notepad, dll). Hanya saja yang membedakan namanya adalah sifat dari aplikasi itu sendiri.

Program/aplikasi sifatnya konstruktif, membantu orang melakukan berbagai pekerjaannya. Virus adalah kebalikannya yaitu destruktif, mengganggu orang yg melakukan pekerjaannya atau bahkan merusak komputer itu sendiri.
Antivirus tidak 100% bisa mencegah / menghilangkan. Antivirus memiliki data tertentu tentang virus tertentu yang nantinya akan dimatikan fungsi virus itu sendiri. Lha kalo Virusnya buatan saya? Antivirus manapun, merk apapun, vendor apapun, kalo tidak punya data ttg virus yg saya buat, Antivirus itu tak akan berguna.

Maka dari itu saya bagikan tips tentang cara MENCEGAH virus, bukan MENGHILANGKAN virus. Untuk virus lokal kebanyakan memang memanfaatkan kelemahan dari kita. Menggunakan setting standard windows (tidak diubah-ubah), Anda akan celaka. Karena mereka (pembuat virus) cenderung mencari celah dari setting windows Anda.
Caranya adalah:

1. Harus mengenal ekstensi file. Ekstensi adalah huruf yang ditambahkan untuk membedakan berbagai macam jenis file. Cth: Microsoft Word Document ekstensinya *.doc, Excel ekstensinya *.xls, File teks : *.txt. What for? Anda akan tahu nantinya.

2. Harus MERUBAH sedikit setting windows Anda. Di Platform OS Windows XP, coba Anda buka Windows Explorer. Klik menu Tools > Folder Options. Klik Tab View. Ubah Setting Menjadi seperti ini: Pilih "Show hidden files and folders", Hilangkan cek "Hide Extensions for known file types". What for? Anda akan tahu nantinya.

3. Ingat! Mereka mencari kelemahan kita, karena kita lalai mengecek file yang dicopy ke drive kita. Setiap kali Anda ingin membuka dokumen, file atau aplikasi, pastikan Anda tahu bahwa file itu benar-benar aman! Satu contoh, saya pernah menemui file dengan icon (gambar di file) sama persis seperti file Microsoft Word Document yang dengan ekstensi *.doc. Tetapi saya curiga, ternyata bukan *.doc, tetapi *.exe (aplikasi/program). Tidak jadi saya buka, langsung saya delete. Karena kalau dibuka, itu artinya file virus sudah menginfeksi komputer saya. Ternyata setelah bbrp hari/minggu, ada kabar kalau virus itu sudah menginfeksi instansi pemerintah.

Setidaknya dengan tips ini Anda akan lebih waspada mengatasi virus. Cenderung virus lokal "menipu" Anda dengan icon yang biasa ada di Windows, entah dia menyamar jadi MS Word Document, atau JPEG File, atau ekstensi yang lain. Settingan di nmr 2 membantu Anda untuk waspada. Ekstensi semua file tanpa terkecuali akan terlihat, Anda akan lebih mudah memantaunya

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home